PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 11 SEMARANG PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR TAHUN AJARAN 2014/2015


Aprilia Nur Faradina , 5302411150 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 11 SEMARANG PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411150.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di SMK Negeri 11 Semarang menemukan bahwa nilai hasil belajar siswa masih dibawah KKM, hal tersebut dikarenakan pemahaman siswa rendah dalam menyerap pelajaran yang diterapkan dengan metode jigsaw. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pictorial riddle yang dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis serta memberikan iklim kondusif dalam perkembangan daya nalar dan kreatif siswa yang akan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri pictorial riddle dan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas ekpserimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 11 Semarang sebanyak 117 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X Mm 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Mm 3 sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi, tes dalam bentuk soal pilihan ganda, dan observasi dalam bentuk lembar observasi checklist. Hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar kelas eksperimen = 25,235 sedangkan kelas kontrol = 22,706, berdasarkan uji N-gain diperoleh bahwa rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol, yaitu 0,542 > 0,467. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perangkat keras jaringan setelah penerapan model pembelajaran inkuiri dengan metode pictorial riddle pada kelas X Multimedia SMK Negeri 11 Semarang dan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol yang dibuktikan dengan nilai ttest = 2,399 dengan signifikasi 0,019. Saran yang dapat peneliti berikan bagi peneliti selanjutnya : 1) dalam menerapkan model pembelajaran inkuiri pictorial riddle, perlu dioptimalkan lagi dalam monitoring siswa dan manajemen waktu agar semua tahapan pembelajaran dapat dilaksanakan; 2) Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri pictorial riddle pada pokok bahasan mata pelajaran jaringan dasar yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Pictorial Riddle, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 14:39
Last Modified: 30 Nov 2017 14:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28004

Actions (login required)

View Item View Item