PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TIK DI MAN 2 SEMARANG


Yusuf Rusdyanto , 5302411130 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TIK DI MAN 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411130.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pembelajaran sebelumnya yang telah dilakukan siswa kelas XI IPA 2 MAN 2 Semarang pada mata pelajaran TIK masih terdapat beberapa siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM, nilai rata-rata kelas yang didapat yaitu 70, sedangkan KKM yang harus di capai adalah 78. Ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya salah satunya yaitu kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas XI IPA 2 MAN 2 Semarang. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ini. Peningkatan tersebut didapat berdasarkan nilai rata-rata siswa kelas XI IPA 2. Dengan nilai KKM yaitu 78, terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa kelas XI IPA 2, dari Pre-test atau kondisi awal sebelum memasuki siklus yaitu nilai rata-rata siswa 70,375, dari hasil evaluasi siklus-I nilai rata-rata siswa yaitu 77,25, dan dari hasil evaluasi siklus-II nilai rata-rata siswa yaitu 82,875. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini dilakukan sampai pada siklus-II. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 MAN 2 Semarang. Penelitian ini dilakukan sampai pada siklus-II. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah pengelolaan waktu yang digunakan harus lebih baik, sehingga bisa lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Penelitian tindakan kelas
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 14:30
Last Modified: 30 Nov 2017 14:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27999

Actions (login required)

View Item View Item