ANALISIS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANYUMAS


Triani Ragil Saputri , 6411411074 (2015) ANALISIS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411074.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepuasan dicapai apabila penerima pelayanan memperoleh pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan dan diharapkan. Pelayanan rawat inap di Rumah Sakit meliputi pelayanan dokter, pelayanan perawat, pelayanan penunjang medik dan administrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan penelitian cross sectional. Sampel berjumlah 48 orang, yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan uji chi-square dengan derajat kemaknaan (α= 0,05). Hasil penelitian ini adalah ada hubungan antara kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat (p=0,038) dan pelayanan penunjang medik (p=0,029). Tidak ada hubungan antara kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan dokter (p=0,274) dan pelayanan administrasi (p=0,480). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara kepuasan pasien dengan pelayanan perawat dan pelayanan penunjang medik. Tidak ada hubungan antara kepuasan pasien dengan pelayanan dokter dan pelayanan administrasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, kepuasan pasien, rawat inap
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 13:47
Last Modified: 30 Nov 2017 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27994

Actions (login required)

View Item View Item