HUBUNGAN ANTARA KONDISI LINGKUNGAN RUMAH DAN PERILAKU MEROKOK ANGGOTA KELUARGA DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI KELURAHAN WONOLOPO KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


NUR HUDA , 6411411067 (2015) HUBUNGAN ANTARA KONDISI LINGKUNGAN RUMAH DAN PERILAKU MEROKOK ANGGOTA KELUARGA DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI KELURAHAN WONOLOPO KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411067.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur. Berdasarkan data rekam medis Puskesmas Mijen, Kelurahan Wonolopo merupakan kelurahan yang mempunyai angka kejadian ISPA tertinggi dari 10 kelurahan yang berada di wilayah kerja Puskesmas Mijen. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara kondisi lingkungan rumah dan perilaku merokok anggota keluarga dengan kejadian ISPA pada balita di Kelurahan Wonolopo Kecamatan Mijen Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Pada penelitian ini proportional random sampling digunakan untuk memperoleh sampel sejumlah 86 sampel. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kepadatan hunian kamar (p value= 0,005), pencahayaan alami kamar (p value= 0,012), dan perilaku merokok anggota keluarga (p value= 0,000) dengan kejadian ISPA pada balita dan tidak ada hubungan antara luas ventilasi kamar (p value=0,178) dan kelembaban alami kamar (p value= 0,366) dengan kejadian ISPA. Saran yang peneliti rekomendasikan adalah lebih memperhatikan lagi kondisi lingkungan rumahnya, menyesuaikan kepadatan hunian kamar untuk balita dan menghindari perilaku merokok untuk mencegah timbulnya penyakit ISPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kondisi lingkungan rumah, perilaku merokok, ISPA.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 13:38
Last Modified: 30 Nov 2017 13:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27991

Actions (login required)

View Item View Item