FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS MENU PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) PENYULUHAN DALAM KEGIATAN POSYANDU DI PUSKESMAS KALADAWA KABUPATEN TEGAL


Marliani Eka Sutanti , 6411411063 (2015) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS MENU PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) PENYULUHAN DALAM KEGIATAN POSYANDU DI PUSKESMAS KALADAWA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411063.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di pos pelayanan terpadu (Posyandu) Puskesmas Kaladawa diperoleh 86,67% pemberian makanan tambahan (PMT) Penyuluhan kurang baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kualitas menu PMT Penyuluhan di Posyandu Puskesmas Kaladawa. Jenis penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan Cross sectional. Sasaran yang diambil seluruh populasi yaitu sebanyak 42 Posyandu. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berhubungan dengan kualitas menu PMT Penyuluhan yaitu perencanaan menu (p=0,048). Sedangkan faktor yang tidak berhubungan dengan kualitas menu PMT Penyuluhan antara lain pengetahuan kader (p=1,000), sikap kader (p=1,000), sumber kecukupan dana (p=0,238), ketersediaan bahan pangan (p=1,000). Saran untuk pihak Puskesmas yaitu dengan memberikan pelatihan tentang menyusun menu PMT dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Penyuluhan, Kader, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu)
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 13:32
Last Modified: 30 Nov 2017 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27989

Actions (login required)

View Item View Item