PENGARUH PEMBENTUKAN KADER DIABETES TERHADAP PARTISIPASI WANITA USIA LEBIH DARI 40 TAHUN DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT DM TIPE 2 DI DESA LENGKONG KABUPATEN BANJARNEGARA


Rifqi Putri Mahardini , 6411411061 (2016) PENGARUH PEMBENTUKAN KADER DIABETES TERHADAP PARTISIPASI WANITA USIA LEBIH DARI 40 TAHUN DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT DM TIPE 2 DI DESA LENGKONG KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Diabetes melitus (DM) adalah gangguan metabolisme bersifat kronis yang disebabkan karena gangguan sekresi insulin, resistensi terhadap insulin, atau kombinasi keduanya. Diabetes melitus tipe 2 merupakan tipe diabetes yang paling umum di temukan dan sering terjadi pada usia di atas 40 tahun. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembentukan KADES terhadap pengetahuan, sikap dan partisipasi wanita usia lebih dari 40 tahun dalam pencegahan DM Tipe 2. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan pre-post with control design. Sampel penelitian ini adalah wanita dengan usia ≥40 tahun sebanyak 60 sampel. Pada penelitian ini digunakan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mc Nemmar. Hasil penelitian ini didapatkan nilai p pada kelompok eksperimen adalah 0,000 untuk pengetahuan, 0,001 untuk sikap, dan 0,001 untuk partisipasi (nilai p<0,05) maka hipotesis diterima. Kesimpulan, pembentukan kader diabetes berpengaruh terhadap pengetahuan, sikap dan partisipasi masyarakat dalam pencegahan penyakit DM tipe 2.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diabetes, KADES, Pengetahuan, Sikap, Partisipasil
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 06 Dec 2017 13:54
Last Modified: 06 Dec 2017 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27988

Actions (login required)

View Item View Item