HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN DAN SIKAP PEKERJA TERHADAP PRAKTIK PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG PERNAFASAN (MASKER) PADA BAGIAN PRODUKSI PT. PABRIK GULA KEBON AGUNG, TRANGKIL, PATI


Fiki Amalia Husna , 6411411053 (2016) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN DAN SIKAP PEKERJA TERHADAP PRAKTIK PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG PERNAFASAN (MASKER) PADA BAGIAN PRODUKSI PT. PABRIK GULA KEBON AGUNG, TRANGKIL, PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Alat pelindung pernafasan (respirator) digunakan untuk melindungi pernafasan dari risiko paparan gas, uap, debu, atau udara yang terkontaminasi di tempat kerja yang bersifat racun, korosif maupun rangsangan. Pemakaian Alat Pelindung Diri untuk perlindungan dari paparan bahaya sebenarnya sangat praktis dalam penyediaanya, tetapi sulit dalam pelaksanaan karena faktor pekerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan, pengetahuan, dan sikap pekerja terhadap praktik penggunaan alat pelindung pernafasan pada bagian produksi PT. Pabrik Gula Kebon Agung, Trangkil. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja bagian produksi PT. Pabrik Gula Kebon, Agung, Trangkil. Sampel penelitian berjumlah 53 pekerja yang diambil melalui teknik Stratified random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan lembar observasi. Dari penelitian didapatkan hasil ada hubungan antara tingkat pendidikan, pengetahuan dan sikap pekerja dengan praktik penggunaan alat pelindung pernafasan pada bagian produksi PT. Pabrik Gula Kebon Agung, Trangkil, Pati. Hasil uji chi square : (1) tingkat pendidikan (p value=0,030), (2) pengetahuan (p value=0,010), dan (3) sikap (p value=0,037). Saran untuk perusahaan supaya melakukan pengawasan lebih rutin terhadap penggunaan Alat Pelindung Diri dan peningkatan pengetahuan pekerja tentang respirator sehingga pekerja mau menggunakan respirator dengan motivasi personalnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Respirator (masker), Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, Sikap
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 13:07
Last Modified: 30 Nov 2017 13:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27982

Actions (login required)

View Item View Item