PENERAPAN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN UANG DAN PERBANKAN KELAS X SMA NEGERI 1 WELERI


Anggita Rizko Permana , 7101406542 (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN UANG DAN PERBANKAN KELAS X SMA NEGERI 1 WELERI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN UANG DAN PERBANKAN KELAS X SMA NEGERI 1 WELERI]
Preview
PDF (PENERAPAN PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN UANG DAN PERBANKAN KELAS X SMA NEGERI 1 WELERI) - Published Version
Download (562kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi siswa kelas X SMA negeri I Weleri yang terdiri dari 6 kelas diperoleh data masih rendahnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada pembelajaran Ekonomi pada kelas XC, dengan persentase ketidaktuntasan sebesar 67,5 % yaitu sebanyak 27 siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Pendekatan Kontekstual Kecakapan Hidup (Life Skills) dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi pada pokok bahasan Uang dan Perbankan siswa kelas XC SMA negeri I Weleri tahun ajaran 2009/2010. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XC SMA Negeri1 Weleri Tahun Ajaran 2009/2010. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal post test tiap akhir siklus Hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa pada pra siklus dengan ketuntasan klasikal 32,5 %. Hasil belajar siklus I dengan ketuntasan klasikal 53,66%. Hasil belajar siklus II dengan ketuntasan klasikal 85 % Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan, bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XC SMA Negeri 1 Weleri pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan Uang dan Perbankan melalui Pendekatan Kontekstual Kecakapan Hidup (Life Skills). Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu sekolah hendaknya memotivasi guru-guru di SMA Negeri 1 Weleri untuk lebih kreatif dalam mengembangkan suatu model pembelajaran. Apabila guru menggunakan Pendekatan Kontekstual Kecakapan Hidup (Life Skills) guru harus mampu mengelola waktu, sehingga siswa benar-benar memanfaatkan waktu untuk berdiskusi dan memahami materi yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pendekatan Kontekstual Kecakapan Hidup (Life Skills))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2011 02:01
Last Modified: 25 Apr 2015 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item View Item