EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) POKOK BAHASAN FILE MANAGEMENT DI SMA MA’ARIF KARANGMONCOL


Andar Yuyun Puryanisari , 5302411105 (2016) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) POKOK BAHASAN FILE MANAGEMENT DI SMA MA’ARIF KARANGMONCOL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411105.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerapan suatu metode memiliki peran yang penting dalam pencapaian tujuan belajar.Tidak efektifnya suatu metode menyebabkan beberapa kendala diantaranya yaitu kurangnya minat siswa dalam belajar yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetation dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pokok bahasan file management kelas X di SMA Ma’arif Karangmoncol. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan juga lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetation efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keaktifan siswa dari 35,42% dengan kategori kurang aktif pada saat menerapkan metode ceramah menjadi 55,17% dengan kategori cukup aktif pada siklus 1 dan 65,97% dengan kategori aktif pada siklus 2. Ketuntasan klasikal meningkat dari 37,5% pada saat menerapkan metode ceramah menjadi 62,5% pada siklus 1 dan 79,5% pada siklus 2. Dan nilai rata-rata kelas meningkat dari 67,25 pada saat menerapkan metode ceramah menjadi 75 pada siklus 1 dan 82,5 pada siklus 2. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesa dari penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektifitas, Auditory Intellectually Repetition (AIR) , hasil belajar, penelitian tindakan kelas.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 13:57
Last Modified: 30 Nov 2017 13:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27979

Actions (login required)

View Item View Item