PENERAPAN MODUL BELAJAR ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEORITIK MERAKIT PERSONAL COMPUTER (PC) DI SMK ISLAM SUDIRMAN II AMBARAWA


Ranggi Pratama Rian Putra , 5302411100 (2016) PENERAPAN MODUL BELAJAR ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEORITIK MERAKIT PERSONAL COMPUTER (PC) DI SMK ISLAM SUDIRMAN II AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411100.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil temuan dilapangan menyatakan bahwa hasil ulangan harian SK merakit personal computer (PC) belum memenuhi KKM 75. Selain itu minat siswa terhadap pembelajaran merakit personal computer (PC) juga masih rendah. Salah satu faktor yang melatar belakangi adalah proses pembelajaran di kelas yang masih menggunakan metode ceramah dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah modul belajar elektronik yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran merakit personal computer (PC) serta mengimplementasikan modul belajar elektronik tersebut agar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Langkah-langkah dalam penelitian meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain kepada ahli media dan materi, revisi desain,revisi produk serta uji coba produk kepada siswa kelas X TKJ SMK Islam Sudirman II Ambarawa. Media yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran merakit personal computer (PC) berdasarkan hasil validasi. Hasil analisis pengujian hipotesis dengan uji-t menunjukkan bahwa nilai t tabel = 2,045 < t hitung = 4,67 yang berarti Ha diterima dan rata-rata hasil belajar merakit personal computer (PC) menggunakan modul belajar elektronik lebih besar dari 80. Dengan pengujian n-gain diperoleh nilai gain 0,44 atau 44% dimana berada dalam rentang 0,3 < g < 0,7 yang dikategorikan sedang, sehingga dapat dikatakan sampel mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil angket respon siswa terhadap aspek perasaan senang, ketertarikan siswa, perhatian, dan aspek keterlibatan siswa menunjukan respon sangat positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa minat siswa terhadap pembelajaran merakit personal computer (PC) menggunakan modul belajar elektronik sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul Belajar Elektronik; Flash; Personal Computer
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 13:56
Last Modified: 30 Nov 2017 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27977

Actions (login required)

View Item View Item