PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI MAKNA TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI DENGAN MODEL DRILL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


Silvia Aprely Herowati , 5302411095 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI MAKNA TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI DENGAN MODEL DRILL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan terhadap guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMK N 10 Semarang pada tanggal 24 Maret 2015 diperoleh informasi bahwa siswa seringkali mengalami kesulitan untuk memahami materi menginterpretasi makna teks cerita ulang biografi. Keterbatasan media yang digunakan oleh guru inilah yang menjadi salah satu penyebabnya yaitu guru masih menggunakan buku maupun media lainnya yang bersifat konvensional. Mengoptimalkan media pembelajaran merupakan salah satu langkah yang harus ditempuh oleh seorang guru agar siswa menjadi lebih aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah membuat media pembelajaran dan mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran menginterpretasi makna teks cerita ulang biografi dengan model drill ini sebagai media pendukung pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Langah-langkah penelitian dan pengembangan ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur, angket. Hasil analisis uji kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 83,33% maka termasuk dalam ketegori “Sangat Layak” dan hasil analisis uji kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 88,125% maka termasuk dalam ketegori “Sangat Layak”. Hasil uji coba yang dilakukan pada siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran diperoleh rata-rata nilai masing-masing sebesar 55,125 dan 77,917. Simpulan yang didapat secara keseluruhan pengembangan media pembelajaran menginterpretasi makna teks cerita ulang biografi dengan model drill ini sudah valid/ sangat layak dan efektif digunakan sebagai media pendukung pembelajaran bahasa Indonesia untuk kelas XI SMA/SMK. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini yaitu pengembangan media pembelajaran menginterpretasi makna teks cerita ulang biografi dengan model drill dapat dikembangkan lagi dengan penambahan sistem jawaban latihan dan evaluasi yang menggunakan jawaban tertulis sehingga membuat pengguna dapat mengembangkan pemahaman terhadap materi yang diberikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, menginterpretasi, teks cerita ulang, model drill.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 13:55
Last Modified: 30 Nov 2017 13:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27974

Actions (login required)

View Item View Item