PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KKPI KELAS X SMK ANTONIUS SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015.


Prastuti , 5302411086 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KKPI KELAS X SMK ANTONIUS SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411086.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode pengajaran yang digunakan di SMK Antonius Semarang adalah metode ceramah. Perumusan masalah adalah efektifkah model pembelajaran TS-TSBerbantuan LKPDterhadap hasil belajar mata pelajaran KKPI di kelas X SMK Antonius Semarang. Tujuan mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran TS-TSBerbantuan LKPD terhadap hasil belajar mata pelajaran KKPI di kelas X SMK Antonius Semarang, mengetahui sikap setelah model pembelajaran TS-TS, mengetahui keterampilan setelah model pembelajaran TS-TS. Tempat dilaksanakan di SMK Antonius Semarang, Subyek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia. Prosedur penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan rekomendasi. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik tes dan teknik non tes. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah soal evaluasi untuk hasil belajar aspek pengetahuan, lembar observasi untuk hasil belajar aspek sikap dan penugasan untuk hasil belajar aspek keterampilan. Analisis data menggunakan metode deskriptif. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh ketuntasan klasikal hasil belajar aspek pengetahuan sebelum penggunaan TS-TS 47%, setelah menggunakan TS-TS 90,00%. Ketuntasan klasikal hasil belajar aspek sikap setelah TS-TS 91,67%. Sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar aspek keterampilan setelah TS-TS 93,33%. Simpulan yang diperoleh adalah TS-TS berbantuan LKPD dapat membuat siswa tertarik dan aktif dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,00% nilai rata – rata 79,67, model pembelajaran TS-TS berbantuan LKPD efektif dengan ketuntasan klasikal mencapai 90,00%. Saran yang berkaitan adalah model pembelajaran TS-TS berbantuan LKPD baik dilaksanakan oleh guru dikarenakan model ini efektif terhadap hasil belajar siswa, selain efektif baik diterapkan agar terciptanya suasana menyenangkan dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 30 Nov 2017 13:55
Last Modified: 30 Nov 2017 13:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27972

Actions (login required)

View Item View Item