Pengaruh Model Peer Education dengan Metode Storytelling terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar dalam Pemilihan Makanan Jajanan di SDN Ngadirgo 03 Mijen Kota Semarang


Een Kusumaningtyas , 6411411045 (2016) Pengaruh Model Peer Education dengan Metode Storytelling terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar dalam Pemilihan Makanan Jajanan di SDN Ngadirgo 03 Mijen Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan di SDN Ngadirgo 03 Mijen dari 40 siswa ada 19 (47,5%) siswa memiliki pengetahuan kurang. Penelitian ini menggabungkan model pendidikan sebaya dengan metode bercerita. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh dari model peer education dengan metode storytelling terhadap peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar dalam pemilihan makanan jajanan di SDN Ngadirgo 03 Mijen Kota Semarang. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan pretest-posttest design with control grup. Sampel penelitian terdiri dari 55 siswa kelompok eksperimen dan 55 kelompok kontrol. Teknik analisa data menggunakan uji statistik non parametrik Mc Nemar. Penelitian menunjukkan bahwa nilai P value sebesar 0,001 <0,005 berarti ada pengaruh dari model peer education dengan metode storytelling terhadap peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar dalam pemilihan makanan jajanan. Sekolah dapat menerapkan metode storytelling, baik sebagai metode pembelajaran maupun pemberian informasi kesehatan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peer education, Storytelling, Pengetahuan, Siswa sekolah dasar, Pemilihan Makanan Jajanan.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 12:57
Last Modified: 30 Nov 2017 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27968

Actions (login required)

View Item View Item