PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA TUNAGRAHITA RINGAN SMALB-C NEGERI SEMARANG
Amanda Aini Chairunisa , 6411411211 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA TUNAGRAHITA RINGAN SMALB-C NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap meningkatkan pengetahuan kesehatan reproduksi. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu metode pembelajaran dengan kegiatan diskusi kelompok sebagai ciri khasnya. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan pretest-posttest with control group. Populasi 47 orang yaitu siswa/i tunagrahita ringan di SMALB-C Negeri Semarang. Dengan purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 10 pada tiap kelompok. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran kooperatif, kontrol menggunakan pembelajaran ceramah. Analisis data menggunakan uji T berpasangan dan uji Pearson Product Moment. Hasil analisis uji Pearson Product Moment, didapatkan nilai p = 0,000 (p<0,05) dan nilai R = 0,990. Hal ini berarti peningkatan pengetahuan 98% dipengaruhi oleh penerapan pembelajaran kooperatif. Kesimpulannya yaitu pembelajaran kooperatif berpengaruh 98% terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja tunagrahita ringan. Saran yang diajukan kepada guru agar menggunakan pembelajaran kooperatif dalam memberikan pendidikan kesehatan reproduksi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tunagrahita ringan, Pembelajaran Kooperatif, Pengetahuan, Kesehatan Reproduksi |
Subjects: | O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 30 Nov 2017 12:44 |
Last Modified: | 30 Nov 2017 14:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27965 |
Actions (login required)
View Item |