EFEKTIVITAS PELATIHAN KADER IVA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PARTISIPASI WANITA USIA SUBUR DALAM MELAKUKAN PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) (Studi Kasus Di Kelurahan Tandang Kecamatan Tembalang Kota Semarang)


Youana Nur Ulfa , 6411411037 (2016) EFEKTIVITAS PELATIHAN KADER IVA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PARTISIPASI WANITA USIA SUBUR DALAM MELAKUKAN PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) (Studi Kasus Di Kelurahan Tandang Kecamatan Tembalang Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemeriksaan deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan IVA merupakan program yang sedang aktif dilaksanakan di Jawa Tengah. Kota Semarang menempati peringkat 1 kasus kanker serviks di Jawa Tengah dan terdapat 26 bidan puskesmas yang telah dilatih untuk melakukan pemeriksaan IVA. Puskesmas Kedungmundu salah satu puskesmas yang telah dilatih dan memiliki cakupan IVA terendah tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 70 orang, dengan 35 sebagai sampel eksperimen dan 35 sebagai sampel kontrol. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji Mc-Nemar. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan pelatihan kader IVA dengan peningkatan pengetahuan dan sikap wanita usia subur terhadap pemeriksaan IVA, tetapi tidak ada hubungan yang bermakna pelatihan kader IVA dengan peningkatan partisipasi pemeriksaan IVA. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diperoleh simpulan bahwa pelatihan kader IVA efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap wanita usia subur terhadap pemeriksaan IVA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Kader, Pengetahuan, Sikap, Partisipasi.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 12:36
Last Modified: 30 Nov 2017 12:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27964

Actions (login required)

View Item View Item