STUDI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DESA SIAGA AKTIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN MATERNAL DI DESA KERTAHARJA, KRAMAT, TEGAL 2015


Okta Julian Windari , 6411411035 (2015) STUDI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DESA SIAGA AKTIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN MATERNAL DI DESA KERTAHARJA, KRAMAT, TEGAL 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411035.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia mengalami peningkatan AKI yang signifikan dari 228 (tahun 2007) menjadi 359 (tahun 2012) per 100.000 kelahiran hidup. Desa siaga sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat yang mandiri dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan desa siaga aktif sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan maternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi deskriptif. Narasumber dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah narasumber 4. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi nonpartisipatif dan studi dokumentasi. Teknik pemeriksaan kebenaran data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan Desa siaga aktif Kertaharja telah melaksanakan upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan maternal, namun dalam pelaksanaannya pada halhal tertentu belum sesuai harapan. Komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi adalah faktor yang saling berkaitan dan mempengaruhi keberhasilan dalam pelaksanaan desa siaga aktif di Kabupaten Tegal khususnya Desa Kertaharja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Derajat Kesehatan Maternal, Implementasi, Desa Siaga Aktif
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 12:32
Last Modified: 30 Nov 2017 12:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27963

Actions (login required)

View Item View Item