KONTRIBUSI PROGRAM PAMSIMAS TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA TINGKAT RUMAH TANGGA DI KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN


Dewi Lestari , 6411411028 (2016) KONTRIBUSI PROGRAM PAMSIMAS TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA TINGKAT RUMAH TANGGA DI KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dilaksanakan program PAMSIMAS yaitu untuk 1) meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat di wilayah pedesaan, 2) meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat. Realisasi pengguna sarana belum sesuai dengan target yang ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi program PAMSIMAS terhadap PHBS pada tingkat rumah tangga . Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Doro, jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan rancangan penelitian menggunakan metode survei deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan responden 18 informan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya kontribusi dari program Pamsimas akses terhadap jamban dapat meningkat, hal ini dilihat dari jumlah kepemilikan jamban dengan tersediannya sarana air bersih dari program Pamsimas lebih banyak daripada sebelum tersediannya sarana air bersih (715 sarana) sehingga perilaku hidup bersih dan sehat dalam membuang air besar di jamban sudah lebih baik dibandingkan jumlah warga yang buang air besar sebelum tersedianya air bersih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Program Pamsimas, PBHS Pada Tingkat Rumah Tangga
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 12:25
Last Modified: 30 Nov 2017 12:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27960

Actions (login required)

View Item View Item