HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN TENTANG KUALITAS PELAYANAN DENGAN MINAT PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN RAWAT INAP DI PUSKESMAS MIJEN KOTA SEMARANG


Wynda Widyastika , 6411411017 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN TENTANG KUALITAS PELAYANAN DENGAN MINAT PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN RAWAT INAP DI PUSKESMAS MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat konsumen untuk memakai suatu jasa pelayanan sangat dipengaruhi oleh pengalaman kepuasan terhadap pelayanan sebelumnya. Jika pelayanan tersebut mampu memenuhi atau melebihi harapan, maka kualitas dipersepsikan baik dan memuaskan sehingga mereka akan berminat untuk menggunakan kembali pelayanan rawat inap di Puskesmas Mijen Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah survey eksplanatory dengan pendekatan cross sectional. Sampel di ambil dengan teknik purposive sampling dan jumlah sampelnya adalah 57. Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan antara persepsi kehandalan (0,007<0,05), persepsi daya tanggap (0,031<0,05), persepsi jaminan (0,020<0,05), persepsi empati (0,016<0,05), persepsi bukti fisik (0,005<0,05) dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan rawat inap. Kesimpulan dari penelitian ini adanya hubungan kualitas pelayanan (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik) dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan rawat inap di Puskesmas Mijen Kota Semarang. Saran yang dapat diberikan yaitu meningkatkan kualitas pelayanan terutama pada kenyamanan dan kebersihan ruang perawatan serta kemanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Minat Pemanfaatan Ulang, Persepsi, Rawat Inap
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 12:13
Last Modified: 30 Nov 2017 12:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27958

Actions (login required)

View Item View Item