EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERJODOH DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PNEUMONIA PADA BALITA DI WILAYAH POSYANDU DESA PURI KECAMATAN PATI KABUPATEN PATI TAHUN 2015 ( Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Pati I )


Dinda Melina , 6411411006 (2016) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERJODOH DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PNEUMONIA PADA BALITA DI WILAYAH POSYANDU DESA PURI KECAMATAN PATI KABUPATEN PATI TAHUN 2015 ( Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Pati I ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pneumonia merupakan salah satu penyebab kematian pada anak dibawah umur lima tahun. Meningkatnya kejadian pneumonia salah satunya disebabkan kurangnya pengetahuan mengenai pneumonia. Di Kabupaten Pati jumlah pneumonia tertinggi ada di Puskesmas Pati I sebanyak 153 kasus dengan jumlah kasus tertinggi ada di Desa Puri sebanyak 36 kasus pada tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media kartu berjodoh dalam meningkatkan pengetahuan ibu tentang pneumonia pada balita. Jenis penelitian adalah quasy experimental design dengan rancangan non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 responden dengan 38 sampel eksperimen dan 38 sampel kontrol dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan uji T Berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu berjodoh dapat meningkatkan pengetahuan ibu sebesar 21,48% dan ada perbedaan skor pengetahuan yang signifikan pada kelompok eksperimen (p=0,000) dan kelompok kontrol (p=0,003). Media kartu berjodoh dapat digunakan sebagai media penyuluhan kesehatan yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang pneumonia balita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektif, media kartu berjodoh, pengetahuan tentang pneumonia
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 12:08
Last Modified: 30 Nov 2017 12:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27957

Actions (login required)

View Item View Item