HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP DAN IKLIM KESELAMATAN KERJA (KOMITMEN MANAJEMEN) DENGAN PERILAKU KESELAMATAN KERJA PADA KARYAWAN UNIT SPINNING V PT. SINAR PANTJA DJAJA SEMARANG TAHUN 2015


Kharisul Anam , 6411411003 (2015) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP DAN IKLIM KESELAMATAN KERJA (KOMITMEN MANAJEMEN) DENGAN PERILAKU KESELAMATAN KERJA PADA KARYAWAN UNIT SPINNING V PT. SINAR PANTJA DJAJA SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Industri pemintalan benang (spinning) memiliki risiko terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja dan kebakaran. Kecelakaan kerja dipengaruhi oleh perilaku K3 karyawan yang bisa disebabkan oleh faktor individu karyawan (pengetahuan dan sikap) dan faktor organisasi yang dapat dilihat dari faktor iklim K3 (komitmen manajemen). Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara pengetahuan, sikap dan iklim keselamatan kerja (komitmen manajemen) dengan perilaku keselamatan kerja (pemakaian alat pelindung diri masker dan earplug) pada karyawan unit spinning V PT. Sinar Pantja Djaja, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 47 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan, sikap dengan perilaku keselamatan kerja (pemakaian APD masker dan earplug ). Serta tidak ada hubungan antara komitmen manajemen dengan perilaku keselamatan kerja (pemakaian APD masker dan earplug ). Disarankan kepada perusahaan untuk konsisten melakukan penyuluhan K3, melakukan pengawasan K3 dan membuat kebijakan K3.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Manajemen, Perilaku K3.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 12:01
Last Modified: 30 Nov 2017 12:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27955

Actions (login required)

View Item View Item