KEEFEKTIFAN FILM MANCUR (MANTEN KENCUR) SEBAGAI PENINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PERNIKAHAN DINI BAGI REMAJA DI SMA SETIA BUDHI SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG


Fatkhur Rohman Kusuma , 6411410066 (2015) KEEFEKTIFAN FILM MANCUR (MANTEN KENCUR) SEBAGAI PENINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PERNIKAHAN DINI BAGI REMAJA DI SMA SETIA BUDHI SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411410066.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia kasus pernikahan usia dini masih tergolong tinggi dikarenakan minimnya pengetahuan tentang bahaya pernikahan dini terhadap kesehatan reproduksi remaja. Sebagai pencegahan, peningkatan pengetahuan lewat media pelajaran perlu dilakukan, maka pada penelitian ini mengunakan media audio visual berupa film Mancur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Media Film sebagai peningkat pengetahuan dan sikap tentang bahaya pernikahan dini di SMA Setia Budhi Semarang. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Control Group. Sampel peneltian 25 pada masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol. Pengambilan data berupa pretest dan posttest dengan selang waktu 7 hari. Analisis mengunakan uji McNemar dan chi square. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan bermakna antara pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah intervensi berupa pemutaran Film Mancur (p value pengethuan = 0,000 dan p value sikap = 0,001). Terdapat perbedaan bermakna antara kelompok eksperimen dan kontrol setelah dilakukan intervensi (p value pengetahuan = 0,000 dan p value sikap = 0,000). Disimpulkan bahwa media film mancur efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang pernikahan dini pada remaja di SMA Setia Budhi Semarang. Saran untuk peneliti selanjutnya menguji keefektifan media pendidikan kesehatan jenis lain, sehingga media pendidikan kesehatan semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, pernikahan dini, Film Mancur
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 11:04
Last Modified: 30 Nov 2017 11:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27951

Actions (login required)

View Item View Item