KONTRIBUSI ORANGTUA TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 KERTEK KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2010/2011


Lelyana Wulandari , 3201406520 (2010) KONTRIBUSI ORANGTUA TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 KERTEK KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KONTRIBUSI ORANGTUA TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 KERTEK KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2010/2011]
Preview
PDF (KONTRIBUSI ORANGTUA TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 KERTEK KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2010/2011) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa peranan orangtua sangatlah penting untuk menunjang belajar anak. Peranan orangtua kepada anak untuk menunjang belajar dirumah bisa diwujudkan dalam bentuk perhatian, motivasi, maupun finansial. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk kontribusi yang diberikan orang tua terhadap anak? dan (2) Seberapa besar pengaruh kontribusi orangtua terhadap tingkat efektifitas belajar siswa?. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana kontribusi yang diberikan orangtua terhadap belajar anak di rumah, dan (2) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh kontribusi orangtua terhadap tingkat efektifitas belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 1 Kertek Kabupaten Wonosobo sebanyak 350 siswa yang terdiri dari 15 kelas. Pengambilan sampel yang berjumlah 68 siswa dilakukan dengan proporsional random sampling. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Kontribusi orang tua sebagai variabel bebas, (2) Efektivitas belajar siswa sebagai variabel terikat. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Data yang dikumpulkan di analisis dengan tehnik analisis deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi yang diberikan orangtua kepada anak termasuk dalam kriteria tinggi, hal ini ditunjukkan adanya mean sebesar 61 dengan presentase 39,71%. Dikatakan tinggi karena sebagian besar orangtua sudah memberikan kontribusi untuk menunjang belajar anak dirumah dengan maksimal baik dalam bentuk perhatian, motivasi maupun finansial. Efektivitas belajar siswa termasuk dalam kriteria tinggi, hal ini ditunjukkan adanya mean sebesar 58 dengan presentase 60,29%. Simpulan ada pengaruh yang signifikan antara kontribusi orangtua terhadap efektivitas belajar siswa hal ini ditunjukkan dengan korelasi product moment dengan taraf signifikan 5% di peroleh nilai rxy > rtabel yaitu 0,5276 > 0,235. Besarnya rhitung 0,5276 termasuk dalam kriteria cukup signifikan. Saran Siswa hendaknya memanfaatkan kontribusi yang sudah diberikan oleh orangtua baik berupa perhatian, motivasi, maupun finansial secara efektif dan orangtua perlu memahami perkembangan psikologis anak, melakukan pendekatan secara pribadi, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas belajar, baik faktor internal maupun eksternal, sehingga anak dapat memanfaatkan kontribusi yang diberikan orangtua secara efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. Ali, Muhamad. 1984. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung : Aksara. Hakim, Thursan. 2006. Belajar Secara Efektif. Jakarta : Puspa Suara. Hazbullah. 1999. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. Ihsan, Fuad.2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta Ireland, Karin. 2003. 150 Cara Untuk Membantu Anak Meraih Sukses. Jakarta : Erlangga. Subagyo, P.J. 2006. Metode Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. Sugiyono. 2007. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta. Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Suharsimi, Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. Sukmadinata, N S. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Tirtaraharja. 1994. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Dekdikbud. Wulansari, Nina. 2009. Kontribusi pemulung yang melakukan mobilitas non permanen terhadap pendapatan keluarga di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Skripsi. FIS. UNNES
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Orangtua, Efektivitas Belajar.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2011 01:29
Last Modified: 25 Apr 2015 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2795

Actions (login required)

View Item View Item