FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES KERJA PADA BAGIAN SPINNING V DI PT. SINAR PANTJA DJAJA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA


Kenariefanokto , 6411410032 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES KERJA PADA BAGIAN SPINNING V DI PT. SINAR PANTJA DJAJA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411410032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Stres kerja adalah keadaan dimana seseorang menghadapi tugas atau pekerjaan yang tidak bisa atau belum bisa dijangkau oleh kemampuannya. Berdasarkan penelitian sebelumnya di PT. Sinar Pantja Djaja oleh Ifta Failasufa (2013), terdapat 41 pekerja (60,29%) mengalami stres kerja tinggi. Angka kecelakaan kerja akan meningkat jika taraf stres melebihi taraf kapasitas individu dalam mengatasi stres tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Faktor-faktor apa sajakah yang berhubungan dengan stres kerja di PT. Sinar Pantja Djaja sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja. Rancangan penelitian ini menggunakan Cross Sectioanal. Populasi penelitian berjumlah 110 pekerja dan sampel penelitian berjumlah 52 pekerja. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Propotional sampling. Analisis data dilakukan ssecara univariat dan bivariat (menggunakan uji Chi Square dan uji Spearman dengan α=0,05). Berdasarkan uji Chi Square, faktor-faktor yang berhubungan dengan stres kerja (ρ<0,05) adalah iklim kerja (ρ=0,002), upah (ρ=0,031), masa kerja (ρ=0,018) dan faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan stres kerja (ρ<0,05) adalah jenis kelamin (ρ=0,750), beban kerja fisik (ρ=0,666). Saran peneliti untuk perusahaan yaitu; Dirut perusahaan melengkapi fasilitas rest room, manager produksi mengidentifikasi dan menangani pekerja yang kesulitan dalam mengelola sumber stres kerja serta memberikan pelatihan manajemen stres. Saran peneliti untuk pekerja yaitu menggunakan waktu istirahat sebaik mungkin dan mempraktekkan teknik relaksasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pencegahan Kecelakaan; Spinning; Stres
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 30 Nov 2017 10:58
Last Modified: 30 Nov 2017 10:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27949

Actions (login required)

View Item View Item