MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL ANGGOTA TUBUH DAN KEGUNAANNYA DENGAN METODE KOMUNIKASI TOTAL PADA SISWA TUNARUNGU SLB NEGERI SEMARANG


Wahyu Rafiqa Hakim , 5302411073 (2016) MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL ANGGOTA TUBUH DAN KEGUNAANNYA DENGAN METODE KOMUNIKASI TOTAL PADA SISWA TUNARUNGU SLB NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411073.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Katerbatasan siswa tunarungu mengakibatkan kesulitan dalam dalam berkomunikasi dan proses pembelajaran. Anak tunarungu termasuk dalam tipe belajar yang Visual. Cara yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan membuat media pembelajaran yang dilengkapi teks, gambar dan video bahasa isyarat dengan metode komunikasi total. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi mengenal anggota tubuh dan kegunaannya antara kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis flash dengan metode komunukasi total dan kelas yang menggunakan media gambar di SLB N Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, pengamatan, dan tes.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis uji validasi media pembelajaran sebesar 81,25% termasuk dalam ketegori “Sangat Layak” dan hasil uji validasi materi diperoleh prosentase 88,33% termasuk dalam ketegori “Sangat Layak”. Perhitungan uji hipotesis menunjukan thitung > ttabel (6,030 > 1,745) dan signifikasi < 0,05 (0,000 < 0,05) berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Flash, Metode Komunikasi Total, Siswa Tunarungu
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Nov 2017 19:51
Last Modified: 29 Nov 2017 19:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27944

Actions (login required)

View Item View Item