SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN MESIN SEPEDA MOTOR


Arief Alfian Maulana , 5302411072 (2016) SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN MESIN SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi utama sebagian masyarakat dalam menjalankan kegiatan sehari-sehari. Sepeda motor bila dipergunakan secara terus menerus dapat mengakibatkan kerusakan yang tidak terduga, sehingga kurang maksimal dalam menjalankan fungsinya. Menyadari hal tersebut, timbul inisiatif untuk membuat sebuah sistem pakar gangguan mesin sepeda motor berbasis web. Tujuan untuk membantu para pengguna dalam mendiagnosa kerusakan mesin sepeda motor. Sistem pakar dibuat menggunakan metode waterfall, serta dengan mengimplementasikan metode forward chaining dan certainty factor. Metode forward chaining digunakan sebagai alur sistem yang merupakan proses pelacakan, sedangkan certainty factor merupakan suatu nilai kepastian yang telah diberikan oleh para ahli untuk membuktikan suatu fakta yang ada. Aplikasi sistem pakar yang dibuat telah diuji dengan tiga macam pengujian yaitu uji mandiri, uji black box, dan uji pengguna. Hasil aplikasi berupa web yang didalamnya terbagi menjadi dua level yaitu pakar dan user atau pengguna sistem (pemakai kendaraan motor, mekanik bengkel atau siswa SMK otomotif). Pakar untuk merepresentasikan pengetahuan, sedangkan user untuk mendiagnosa bagi para pengguna motor yang mengalami kerusakan. Pada uji white box sistem tidak ada error dan hasil perhitungan sistem sesuai dengan perhitungan manual. Pada uji black box, fungsi sistem berjalan sesuai yang diharapkan. Dan pada uji pengguna, responden memberikan penilaian sangat baik dengan persentase sebesar 82,5%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem layak untuk digunakan dan dapat dijadikan solusi alternatif bagi masyarakat. Saran untuk pengembangan sistem ini diharapkan dikembangkan pada bagian basis aturan dan perhitungan nilai cf karena sistem ini perhitungan nilai cf hanya berdasarkan pendapat pakar yang sebaiknya menggabungkan dengan probabilitas data lapangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sepeda motor, sistem pakar, forwad chaining, certainty factor
Subjects: T Technology > Information and Computer > Expert System
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Nov 2017 19:50
Last Modified: 29 Nov 2017 19:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27943

Actions (login required)

View Item View Item