PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL GAMES BASED LEARNING (DGBL) PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 9 SEMARANG


Niko Dwi Cahyo, 5302411070 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL GAMES BASED LEARNING (DGBL) PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 9 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411070.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan bidang studi yang memegang peranan penting dalam pengembangan sains dan teknologi karena pada dasarnya matematika merupakan sarana untuk menumbuhkembangkan cara berfikir logis, sistematis dan kritis. Namun, proses pembelajaran matematika di kelas yang dirasa masih monoton, yang menyebabkan siswa kurang antusias dan pasif dalam mengikuti pelajaran.. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media atau alat pembelajaran yang lebih interaktif untuk memotivasi para siswa agar lebih menyukai dan aktif dalam pembelajaran matematika. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk merancang, membuat serta menganalisis kualitas dan kelayakannya sebagai media untuk metode Digital Games Based Learning pada materi pembelajaran operasi himpunan matematika di SMP. Pengembangan mengacu pada desain penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model DGBL-ID (Digital Games Based Learning-Instructional Design) dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, uji kualitas dan implementasi. Hasil Pengujian dari aspek functionality menunjukkan bahwa seluruh fungsi utama dan interface media berjalan sesuai harapan. Pada aspek performance menunjukkan media DGBL dapat berjalan secara efisien dengan konsumsi CPU dan memory masing-masing sebesar 1,5 % dan 55,7 Mb. Persentase kelayakan usability sebesar 87,5 %. Penilain kelayakan media oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media DGBL masuk dalam kategori layak. Hasil implementasi media DGBL pada proses pembelajaran kepada 30 siswa kelas VII SMP Negeri 9 Semarang, menunjukkan 76,7 % siswa memberi respon dan minat yang tinggi terhadap media DGBL. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa media DGBL layak diterapkan pada pembelajaran operasi himpunan matematika di SMP Negeri 9 Semarang. Guru hendaknya dapat memanfaatkan dengan maksimal sarana yang disediakan sekolah untuk menunjang proses pembelajaran. Saran dari penelitian ini adalah guru hendaknya dapat memanfaatkan dan menerapkan media DGBL untuk meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Guru juga perlu terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan agar dapat menciptakan metode dan suasana pembelajaran yang lebih variatif untuk siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media Digital Games Based Learning, DGBL-ID, operasi himpunan matematika
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Nov 2017 19:48
Last Modified: 29 Nov 2017 19:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27941

Actions (login required)

View Item View Item