IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RUMUS DAN FUNGSI MICROSOFT EXCEL 2007


Fendy Ristiawan , 5302411045 (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RUMUS DAN FUNGSI MICROSOFT EXCEL 2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 2 Subah Kab. Batang, penggunaan model pembelajaran ceramah pada pelajaran TIK kelas VIII mengakibatkan siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi hal tersebut diadakan penelitian dengan menggunakan model pemebalajaran tipe concept sentence untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi rumus dan fungsi Microsoft excel 2007 dengan menggunakan model pembelajaraan tipe concept sentence. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah kelas VIII E SMP Negeri 2 Subah Kab. Batang dengan jumlah 25 siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini ditetapkan pada rata-rata skor keaktifan siswa yaitu ≥70% dan persentase ketuntasan klasikal siswa ≥75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa, hal ini dapat terbukti dari persentase ketuntasan siswa klasikal yaitu pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 52% kemudian pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 80%. Kemudian pada pengamatan keaktifan pada siklus I 57% naik pada siklus II menjadi 71%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa model pembelajaran concept sentence pada materi rumus dan fungsi Microsoft excel 2007 berhasil meningkatkan hasil belajar siwa dan keaktifan siswa. Model pembelajaran tipe concept sentence dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar pada materi rumus dan fungsi Microsoft excel 2007. Untuk meningkatkan keaktifan siswa, guru harus aktif mengelola kelas dan untuk meningkatkan hasil pembelajaran, guru harus memberi latihan mengenai pembelajaran yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Hasil Belajar, concept sentence
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Nov 2017 19:18
Last Modified: 29 Nov 2017 19:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27937

Actions (login required)

View Item View Item