SISTEM PAKAR REKOMENDASI BAHAN MAKANAN UNTUK IBU HAMIL SESUAI KEBUTUHAN KALORI DALAM SATU HARI DENGAN METODE EUCLIDEAN DISTANCE


Wahyu Istiqomah Prabawati, 5302411043 (2016) SISTEM PAKAR REKOMENDASI BAHAN MAKANAN UNTUK IBU HAMIL SESUAI KEBUTUHAN KALORI DALAM SATU HARI DENGAN METODE EUCLIDEAN DISTANCE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Konsumsi bahan makanan untuk ibu hamil haruslah sesuai dengan kebutuhan gizi dalam arti tidak boleh berlebih atau kurang terutama mengenai asupan energi. Dalam pedoman umum gizi seimbang ( PUGS ) untuk menjamin keseimbangan zat-zat gizi dapat dicapai dengan mengkonsumsi beraneka ragam makanan tiap hari. Makanan yang beragam tersebut harus disusun sesuai kebutuhan energi. Kurangnya pengetahuan ibu hamil dalam mengkonsumsi bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhan energi membuat ibu hamil harus sering berkonsultasi dengan ahli gizi. Dengan begitu ahli gizi dapat memberikan solusi rekomendasi bahan makanan untuk ibu hamil sesuai dengan kebutuhan energinya. Namun dalam perekomendasian bahan makanan tersebut masih menggunakan cara yang manual dan melewati langkah-langkah yang cukup panjang sehingga diperlukan aplikasi yang dapat membantu pakar (ahli gizi) dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat sistem pakar yang dapat merekomendasikan bahan makanan untuk ibu hamil sesuai dengan kebutuhan kalori dalam satu hari dengan metode Euclidean Distance sebagai metode yang digunakan dalam menentukan paket bahan makanan harian yang mendekati kebutuhan kalori ibu hamil. Dalam membuat sistem pakar rekomendasi bahan makanan untuk ibu hamil digunakan metode pengembangan sistem waterfall. Metode waterfall melalui beberapa tahapan pengembangan yang sistematik dimulai dari analisis, perancangan, pengkodean, dan pengujian. Aplikasi sistem pakar rekomendasi bahan makanan sudah melalui beberapa pengujian yaitu pengujian black-box, pengujian kebenaran sistem, pengujian kinerja sistem dan pengujian pengguna. Pada pengujian black-box memberikan hasil bahwa fungsionalitas aplikasi sistem pakar sudah berjalan dengan baik dan pada pengujian kebenaran sistem, aplikasi sudah memberikan hasil dan perhitungan yang benar dan sesuai dengan proses manual. Pada pengujian kinerja sistem, aplikasi sistem pakar dapat merekomendasikan paket bahan makanan dengan total kalori yang mendekati kebutuhan kalori ibu hamil. Pada pengujian pengguna (ahli gizi) di dapatkan hasil bahwa aplikasi sistem pakar memiliki aspek tampilan, isi (content), kemudahan penggunan, kinerja dan dapat digunakan untuk membantu ahli gizi dalam merekomendasikan bahan makanan sesuai kebutuhan kalori ibu hamil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sistem pakar, rekomendasi bahan makanan, ibu hamil, euclidean distance, waterfall.
Subjects: T Technology > Information and Computer > Expert System
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Nov 2017 19:18
Last Modified: 29 Nov 2017 19:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27936

Actions (login required)

View Item View Item