PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MAPEL TIK KELAS VII DI SMP NEGERI 7 PEMALANG


Yunia Dwi Riya Rahartika , 5302411040 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MAPEL TIK KELAS VII DI SMP NEGERI 7 PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pelajaran TIK . Berdasarkan observasi pendahuluan, pelaksanaan pembelajaran pada kelas VIIH SMP Negeri 7 Pemalang , selama ini berlangsung menggunakan motode pembelajaran dengan model konvesional merupakan bentuk model pembelajaran yang cenderung bersifat satu arah dimana guru sebagai pusat kegiatan. Sehingga mengakitbatkan minat siswa terhadap pelajaran TIK berkurang dan anak akan cenderung bersikap pasif dalam proses pembelajaran. Siswa belum dapat menerima penjelasan materi dari guru dengan baik hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa dan pembelajaran yang demikian dapat menimbulkan rasa jenuh, bosan bagi siswa sehingga siswa tidak aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIH. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari siklus I dan siklus II, dimana tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi soal evaluasi disetiap akhir siklus dan lembar observasi untuk mengetahui keaktifan terhadap pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh presentase rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 59,41 dengan presentase ketuntasan klasikal 12,82%, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,27 dengan presentase ketuntasan klasikal 54,04% hasil peningkatan mencapai 0,27, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 79,03 dengan persentase ketuntasan klasikal 86,11% dan hasil peningkatan menjadi 0,48. Adapun rata-rata keaktifan siswa pada siklus I sebesar 49,55% dengan katagori cukup aktif, sedangkan rata-rata keaktifan siswa siklus II sebesar 74,83% dengan katagori aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VIIH SMP Negeri 7 Pemalang. Saran yang berkaitan dengan kegiatan ini, guru hendaknya lebih mempersiapkan kondisi kelas yang kondusif sebelum melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran card sort dan semua siswa diupayakan ikut aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar dan keaktifan siswa, Model Pembelajaran Card sort.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Nov 2017 19:10
Last Modified: 29 Nov 2017 19:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27935

Actions (login required)

View Item View Item