EFEKTIVITAS METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN KKPI DI SMK IBU KARTINI SEMARANG


Historiyani Hakiki , 5302411037 (2016) EFEKTIVITAS METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN KKPI DI SMK IBU KARTINI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil Belajar Hasil observasi di SMK Ibu Kartini Semarang pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada mata pelajaran KKPI masih menggunakan metode ceramah yang bersifat satu arah dan kurang inovatif sehingga berdampak dengan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode student teams-achievement division untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran KKPI pada siswa kelas X Busana SMK Ibu Kartini Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X Busana SMK Ibu Kartini Semarang sebanyak 36 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel populasi dengan kelas X Busana 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X Busana 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi, tes dalam bentuk soal pilihan ganda, dan observasi dalam bentuk lembar observasi checklist. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yaitu 80,16 dan kelompok kontrol 71,83 dari data tersebut dapat dilihat bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran STAD efektif karena rata-rata nilai yang telah dicapai ≥75 sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional kurang efektif karena rata-rata nilai yang dicapai ≤75. Hasil belajar siswa yang sudah dalam kategori sangat baik, sebaiknya dipertahankan. Sedangkan hasil belajar siswa yang belum mencapai kategori sangat baik sebaiknya sebelum proses belajar mengajar dimulai guru terlebih dahulu memberi rangsangan tentang materi yang akan dibahas sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, dan materi yang diberikan guru lebih mudah tersampaikan karena rasa ingin tahu siswa terhadap materi lebih besar mendorong optimalnya pembelajaran. Diskusi pada kelas juga dapat membantu siswa meningkatkan hasil belajarnya karena siswa saling berinteraksi, saling bertukar pendapat sehingga menambah pengetahuan siswa. Selanjutnya dapat diperbaiki lagi seperti penambahan variabel dan jumlah sampel yang mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran KKPI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Student Teams-Achievement Division (STAD), Kecakapan Individu, Kecakapan Kelompok,
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Nov 2017 18:57
Last Modified: 29 Nov 2017 18:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27933

Actions (login required)

View Item View Item