PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR TIK KELAS VII DI SMP MATARAM SEMARANG


Fellisia Stefani Adyria , 5302411028 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR TIK KELAS VII DI SMP MATARAM SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan atau partisipasi siswa dalam proses pembelajaran TIK sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Cara yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif NHT. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa serta menciptakan pembelajaran inovatif yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif NHT. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling yakni teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis meliputi uji beda dan uji gain. Hasil penelitian dengan analisis statistik uji-t menunjukan perbedaan yang signifikan. Dibuktikan dengan harga thitung sebesar 11,230 dan ttabel sebesar 3,29595. Berdasarkan analisis uji gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif NHT dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ceramah. Dibuktikan dari nilai pretest dan posttest didapat rata-rata skor gain kelas eksperimen lebih tinggi yakni 0,71 sedangkan kelas kontrol adalah 0,30. Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran TIK kelas VII SMP Mataram Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaan kooperatif NHT, hasil belajar, pembelajaran TIK.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Nov 2017 18:55
Last Modified: 29 Nov 2017 18:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27931

Actions (login required)

View Item View Item