EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI KELAS X MULTIMEDIA SMKN 11 SEMARANG


Annisa Suci Ferdiana , 5302411004 (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI KELAS X MULTIMEDIA SMKN 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di SMKN 11 Semarang, diperoleh informasi bahwa selama proses belajar mengajar masih menggunakan metode ceramah yang menjadikan guru sebagai pusat kegiatan belajar mengajar. Metode ini membuat siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem operasi kelas X Multimedia di SMKN 11 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah True Experimental Design. Prosedur pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sample diperoleh kelas X Multimedia 1 sebagai kelas kontrol dan X Multimedia 2 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan metode Group Investigation dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dapat dikatakan metode pembelajaran Group Investigation lebih efektif dari pada metode ceramah karena hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Jika ada siswa yang tidak aktif dalam kelompoknya, guru memberi motivasi dengan pendekatan diri agar mereka mau bekerja sama dengan teman kelompoknya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, hasil belajar, motode kooperatif Group Investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Nov 2017 15:05
Last Modified: 29 Nov 2017 15:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27928

Actions (login required)

View Item View Item