PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SMARTPHONE BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN JARINGAN DASAR PADA SISWA KELAS X JURUSAN TKJ DI SMK NU UNGARAN


Sutrisno , 5302410206 (2016) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SMARTPHONE BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN JARINGAN DASAR PADA SISWA KELAS X JURUSAN TKJ DI SMK NU UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302410206.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode ceramah dan kurangnya pemanfaatan teknologi terkini yaitu menggunakan mobile learning (m-learning) membuat siswa sekolah SMK NU Ungaran membuat siswa kurang tertatik untuk belajar terutama pembelajaran pada jaringan dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan dan kelayakan media pembelajaran model mobile learning(mlearning) dan mengetahui minat siswa kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) terhadap media pembelajaran mobile learning(m-learning) di SMK NU Ungaran pada mata pelajaran jaringan dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilakukan di Jurusan TKJ SMK NU Ungaran. Tahap pengembangan media yaitu (1)Potensi dan Masalah, (2) Desain Produk, (3) Pembuatan Produk,(4) Validasi Produk, (5) Uji Pakar Media da Materi, (6) Uji Tangggapan siswa (7) simpulan. Objek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran m-learning pada materi pelajaran jaringan dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner(angket). Teknik analisi data dilakukan dengan deskriptif presentase dengan uji pakar dan media oleh tim ahli sedangkan minat oleh siswa kelas X jurusan TKJ. Hasil penelitian ini adalah berupa media pembelajaran m-learning. Media pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan produk menurut ahli media dengan persentase kelayakan sebesar 77,40%, penilaian dari ahli materi dengan presentase 85,11%. Sedangkan untuk uji tanggapan siswa mendapatkan presentase sebesar 79,28%. Media pembelajaran dengan m-learning telah teruji keefektifannya. Dari hasil uji dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mlearning yang dikembangkan layak digunkan sebagai pendukung proses pembelajaran pada mata pelajaran jaringan dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, jaringan dasar, m-learning
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Nov 2017 15:06
Last Modified: 29 Nov 2017 15:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27926

Actions (login required)

View Item View Item