HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN SCABIES DI PONDOK PESANTREN AL MUSYAFFA’ DESA SUDIPAYUNG KECAMATAN NGAMPEL KABUPATEN KENDAL TAHUN 2015


Deka Aprilianto , 6411409038 (2015) HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN SCABIES DI PONDOK PESANTREN AL MUSYAFFA’ DESA SUDIPAYUNG KECAMATAN NGAMPEL KABUPATEN KENDAL TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411409038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Scabies adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sarcoptes scabiebi variasi harmonis, yang penularannya terjadi secara kontak langsung dan tidak langsung. Penyakit scabies pada umumnya menyerang individu yang hidup berkelompok seperti di asrama, pesantren, lembaga pemasyarakatan, rumah sakit, perkampungan padat, dan rumah jompo. Penularan scabies ini terjadi karena faktor lingkungan dan perilaku yang tidak bersih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan personal hygiene dan sanitasi kamar dengan kejadian Scabies di Pondok Pesantren Al Musyaffa’ Kendal. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan rancangan penelitian cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini yaitu 535 santri di Pondok Pesantren Al Musyaffa’, dengan sampel sebanyak 85 santri. Teknik analisa dalam penelitian yaitu analisa univariat dan analisa bivariat. Hasil penelitian yaitu terdapat hubungan antara personal hygiene dengan kejadian scabies (p-value 0,014 < 0,05), sanitasi lingkungan dengan kejadian scabies (p-value 0,009 < 0,05). Responden yang positif scabies sebanyak 49 santri (57,6%), dan responden yang negatif scabies sebanyak 36 santri (42,4%).Saran bagi pondok pesantren yaitu untuk lebih memperhatikan kesehatan santri dengan melakukan pengobatan dan pencegahan kejadian scabies. Simpulan penelitian yaitu membuktikan bahwa terdapat hubungan antara personal hygene dan sanitasi lingkungan dengan kejadian scabies.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: personal hygiene; sanitasi lingkungan; scabies
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 29 Nov 2017 13:13
Last Modified: 29 Nov 2017 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27923

Actions (login required)

View Item View Item