PERBEDAAN LATIHAN DRIBBLE SATU TANGAN DENGAN METODE TERUS-MENERUS DAN BERGANTIAN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLE (Eksperimen Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bolabasket SMP Negeri 8 Semarang Tahun 2016)


Wahyuningsih , 6301412061 (2016) PERBEDAAN LATIHAN DRIBBLE SATU TANGAN DENGAN METODE TERUS-MENERUS DAN BERGANTIAN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLE (Eksperimen Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bolabasket SMP Negeri 8 Semarang Tahun 2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301412061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian: 1) apakah ada perbedaan latihan dribble satu tangan dengan metode terus-menerus dan bergantian terhadap kemampuan dribble?, 2) mana yang lebih baik antara latihan dribble satu tangan dengan metode terus-menerus dan bergantian terhadap kemampuan dribble? Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pola M-S. instrumen penelitian ini adalah Ahpeerd control dribble test. Data dianalisis dengan menggunakan statistic dengan taraf signifikan 5%. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 8 Semarang tahun 2016. Sampel yang digunakan sebanyak 14 siswa. Teknik sampling yang digunakan total sampling. Variabel bebas latihan dribble satu tangan dengan metode terus-menerus dan bergantian. Variabel terikat kemampuan dribble. Hasil penelitian nilai thitung eksperimen=5.611 dengan sig 0.001<0.05 dan nilai thitung kontrol 5.32 dengan sig 0.002<0.05 tidak signifikan, disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan latihan dribble satu tangan dengan metode terusmenerus dan bergantian terhadap kemampuan dribble. Simpulan penelitian 1) tidak terdapat perbedaan latihan dribble satu tangan dengan metode terus-menerus dan bergantian terhadap kemampuan dribble, 2) latihan dribble satu tangan dengan metode terus-menerus sama baiknya dengan metode bergantian terhadap kemampuan dribble. Oleh karena itu penulis mengajukan Saran 1) pelatih menerapkan latihan dribble satu tangan dengan metode terus-menerus selain berpotensi meningkatkan kemampuan dribble juga lebih mudah dilakukan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dribble terus-menerus, bergantian.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 29 Nov 2017 11:52
Last Modified: 29 Nov 2017 11:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27909

Actions (login required)

View Item View Item