SURVEI TEKNIK DASAR DAN KESEGARAN JASMANI DALAM PERMAINAN FUTSAL SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMA NEGERI 2 SEMARANG


Umbu Muhamad Rizal , 6301412054 (2016) SURVEI TEKNIK DASAR DAN KESEGARAN JASMANI DALAM PERMAINAN FUTSAL SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMA NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301412054.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ingin mengetahui tingkat kemampuan teknik dasar dan kesegaran jasmani siswa putra ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 2 Semarang. Pada saat pertandingan yang berlangsung dengan lawan yang seimbang maupun dibawah tim, dengan selalu salah dalam melakukan beberapa teknik dasar dan kesegaran jasmani yang kurang baik. Populasi dalam penelitian sebanyak 12 siswa. Data diambil melalui survei. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan situasi atau keadaan yang sedang berlangsung. Dalam penelitian yang menjadi variabel adalah tingkat kemampuan teknik dasar dan tingkat kesegaran jasmani dalam futsal. Hasil penelitian yang dilakukan oleh 12 siswa peserta ekstrakulikuler futsal, dan pembahasan dapat diambil kesimpulan yaitu tingkat keterampilan dasar bermain futsal dan kesegaran jasmani peserta ekstrakulikuler futsal SMA Negeri 2 Semarang dengan hasil “baik sekali” atau sebesar (0%), Kategori baik 4 orang atau sebesar (33,3%), kategori cukup 5 orang atau sebesar (41,7%), kategori kurang 2 orang atau sebesar (16,67%), dan kategori kurang sekali 1 orang atau sebesar (8,33%). Secara rata-rata tingkat kesegaran jasmani siswa putra ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 2 Semarang termasuk kedalam kategori kurang karena latihan yang tidak seimbang. Hasil analisis menunjukan Ada beberapa faktor yang mendukung adanya keterampilan teknik dasar dalam permainan futsal tetapi tidak di imbangi dengan kesegaran jasmani yang baik. Maka perlu adanya pelatihan yang baik dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan dasar bermain futsal saat membina siswa serta memberi motivasi siswa agar giat berlatih. memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan dasar bermain futsal saat membina siswa serta memberi motivasi siswa agar giat berlatih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan teknik dasar dan kesegaran jasmani
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 29 Nov 2017 11:48
Last Modified: 29 Nov 2017 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27908

Actions (login required)

View Item View Item