MEDIA SIMULASI TRAINER HBE-B3E BASIC CIRCUIT THEME BERBASIS FLASH UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH RANGKAIAN LISTRIK


Tomi Mentari , 5302410113 (2016) MEDIA SIMULASI TRAINER HBE-B3E BASIC CIRCUIT THEME BERBASIS FLASH UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH RANGKAIAN LISTRIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302410113.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Trainer HBE-B3E merupakan salah satu alat praktikum di laboratorium Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang yang memiliki instumen yang sangat lengkap dibandingkan alat praktikum sebelumnya. Namun alat tersebut belum pernah digunakan dalam pembelajaran karena keterbatasan jumlah. Oleh karena itu peneliti membuat Media simulasi trainer HBE-B3E basic circuit theme berbasis flash untuk menunjang pembelajaran pada mata kuliah rangkaian listrik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Produk yang dibuat berupa media pembelajaran interaktif berbasis flash. Tahap uji coba meliputi uji validitas ahli yaitu uji validitas ahli materi dan ahli media. Media simulasi ini terdiri atas materi, simulasi, eksperimen dan evaluasi pada masing-masing materi pembahasan. Klasifikasi perangkat yang digunakan untuk membuat media simulasi ini adalah processor Intel® B815 CPU, RAM 2GB, Microsoft Windows 8.1, dan Adobe Flash CS5 dengan ActionScript 2.0. Dalam proses analisis data, media simulasi mendapat persentase kelayakan sebesar 86,25% pada uji validitas ahli materi dan 84,31% pada uji validitas ahli media sehingga keduanya masuk dalam kategori sangat layak dan pada jawaban pertanyaan terbuka, para ahli materi dan ahli media juga memberi pernyataan bahwa media simulasi ini layak. Oleh karena itu, peniliti dapat simpulkan bahwa media simulasi ini layak digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran mata kuliah rangkaian listrik. Peniliti memberikan saran untuk penelitian selanjutnya yaitu: (1) melakukan penelitian pada materi rangkaian listrik yang lain, (2) menjadikan penelitian ini sebagai bahan referensi untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Simulasi, Trainer HBE-B3E, Flash.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 28 Nov 2017 20:08
Last Modified: 28 Nov 2017 20:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27899

Actions (login required)

View Item View Item