PENGARUH LATIHAN PASSING SUPPORT DENGAN GAWANG BERPINDAH DAN GAWANG DIPERKECIL TERHADAP KETEPATAN PASSING DATAR ( Pada SSB Garuda Perkasa Comal Kabupaten Pemalang Tahun 2015 )


MUHAMMAD NUR ABDULKARIM , 6301411010 (2016) PENGARUH LATIHAN PASSING SUPPORT DENGAN GAWANG BERPINDAH DAN GAWANG DIPERKECIL TERHADAP KETEPATAN PASSING DATAR ( Pada SSB Garuda Perkasa Comal Kabupaten Pemalang Tahun 2015 ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi pemain sepakbola adalah penguasaan teknik dasar permainan sepakbola oleh para pemain.Oleh karena itu, seorang pemain sepakbola yang tidak menguasai teknik dasar sepakbola, tidak mungkin menjadi pemain yang baik. Latar belakang dalam penelitian ini adalah SSB Garuda Perkasa Comal dalam passing kurang baik dan mudah kehilangan bola. Instrumen tes menggunakan tes ketepatan passing datar.Populasi penelitian ini adalah siswa SSB Garuda Perkasa tahun 2015 sejumlah 90 orang, sampel penelitian berjumlah 20 orang dengan teknik purposive simple. Instrumen menggunakan tes ketepatan passing tingkat validitas 0,744 dan tingkat reliabiitas 0,888. Analisis data statistik uji t dengan taraf signifikansi 5% dan db n-1. Hasil penelitian : 1) Pada kelompok eksperimen I diketahui thitung< ttabel atau 6.01> 2.26, berarti ada pengaruh yang signifikan, 2) Pada kelompok eksperimen II diketahui thitung> ttabel atau 3.07> 2.26, berarti ada pengaruh yang signifikan, 3) MeI> MeII(5.6>5.5), berarti latihan passing support dengan gawang berpindah lebih baik dari pada latihan passing support dengan gawang diperkecil. Simpulan :1) Ada pengaruh yang signifikan antara metode latihan passing support dengan gawang berpindah terhadap ketepatan passing datar dalam sepakbola. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara metode latihan passing support dengan gawang diperkecil terhadap ketepatan passing datar dalam sepakbola. 3) Metode latihan passing supportdengan gawang berpindah memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap ketepatan passing datar dalam sepakbola. Saran :Bagi pelatih dalam usaha meningkatkan kemampuan passingdatar pada pemain sepakbolaterutama kelompok anak usia muda sebaiknya dilakukan dengan metode latihan passing support dengan gawang berpindah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Passing Support Dengan Gawang Berpindah, Diperkecil, Ketepatan passing datar.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 28 Nov 2017 19:05
Last Modified: 28 Nov 2017 19:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27894

Actions (login required)

View Item View Item