PENGARUH LATIHAN SASARAN DENGAN LATIHAN EMPAT ARAH SASARAN TERHADAP ( Pada Pemain SSA Diajukan dalam untuk memperoleh ge pada PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA FAKULTAS ILMU UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG i PASSING DUA ARAH PASSING AKURASI PASSING Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2015 )


Muhsa Arif Utama, 6301411009 (2015) PENGARUH LATIHAN SASARAN DENGAN LATIHAN EMPAT ARAH SASARAN TERHADAP ( Pada Pemain SSA Diajukan dalam untuk memperoleh ge pada PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA FAKULTAS ILMU UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG i PASSING DUA ARAH PASSING AKURASI PASSING Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2015 ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Melihat kemampuan passing dari pemain SSA Kedungwuni pada saat melakukan latihan dan melakukan uji coba ternyata masih banyak anak-anak yang belum bisa menguasai teknik dasar passing. Permasalahan: 1) apakah ada pengaruh latihan passing dua arah sasaran terhadap akurasi passing?, 2) apakah ada pengaruh latihan passing empat arah sasaran terhadap akurasi passing?, 3) mana yang lebih baik antara latihan passing dua arah sasaran atau passing empat arah sasaran terhadap akurasi passing pada pemain SSA Kedungwuni Kabupaten Pekalongan tahun 2015?. Tujuan: untuk mengetahui ketiga permasalahan di atas. Penelitian dengan eksperimen. Data diambil melalui pre test dan post test. Populasi menggunakan siswa SSA KEDUNGWUNI berjumlah 55 siswa dan sampel sebanyak 20 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian: 1) pada kelompok eksperimen I nilai thitung = 2.74 > ttabel = 2,26 ini berarti ada pengaruh yang signifikan, 2) pada kelompok eksperimen II nilai thitung = 9.00 > ttabel = 2.26 ini berarti ada pengaruh yang signifikan, 3) rata-rata kelompok eksperimen II (6.2) > kelompok eksperimen I (5.8) ini berarti metode latihan passing empat arah sasaran lebih baik daripada metode latihan passing empat arah sasaran. Simpulan: 1) ada pengaruh yang signifikan antara latihan passing dua arah sasaran terhadap akurasi passing, 2) ada pengaruh yang signifikan antara latihan passing empat arah sasaran terhadap akurasi passing, 3) latihan passing empat arah sasaran lebih baik daripada latihan passing dua arah sasaran terhadap akurasi passing pada pemain SSA Kedungwuni tahun 2015. Saran: 1) bagi pelatih sepakbola untuk meningkatkan akurasi passing dapat menggunakan latihan passing dua arah sasaran dan latihan passing empat arah sasaran, karena secara nyata kedua latihan tersebut berdampak pada hasil akurasi passing, 2) membandingkan metode latihan passing dua arah sasaran dan empat arah sasaran dengan metode yang lain agar diperoleh informasi yang semakin luas dan tepat terkait bentuk latihan yang lebih efektif untuk meningkatkan akurasi passing dalam permainan sepakbola

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Passing, Dua Arah Sasaran, Empat arah.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 28 Nov 2017 18:51
Last Modified: 28 Nov 2017 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27893

Actions (login required)

View Item View Item