SURVEI KETERAMPILAN TEKNIK BOLA VOLI PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER PUTRA SMP NEGERI 5 SATU ATAP LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2015


GinanjarAdiLuhung , 6301411001 (2016) SURVEI KETERAMPILAN TEKNIK BOLA VOLI PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER PUTRA SMP NEGERI 5 SATU ATAP LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah dengan melihat prestasi yang diperoleh maka peneliti tertarik untuk mengetahui skill siswa bola voli sekolah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah keterampilan teknik bola voli (kecuali teknik block) yang dikuasai siswa ekstrakurikuler putra SMP Negeri 5 Satu Atap Larangan Kabupaten Brebes?” Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui keterampilan teknik bola voli (kecuali teknik block) yang dikuasai siswa ekstrakurikuler putra SMP Negeri 5 Satu Atap Larangan Kabupaten Brebes”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei tes dan “one-shot” model, yaitu model pendekatan yang menggunakan satu kali pengumpulan data pada “suatu saat”. Variabel dalam penelitian ini yaitu tingkat keterampilan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli dalam menguasai teknik bola voli di SMP Negeri 5 Satu Atap Larangan Kabupaten Brebes. Sampel pada penelitian ini adalah pemain bola voli putra SMP Negeri 5 Satu Atap Larangan Kabupaten Brebes yang berjumlah 14 pemain. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh atau total sampel. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa teknik bola voli pada peserta ekstrakurikuler putra SMP Negeri 5 Satu Atap Larangan memperoleh kategori baik, dengan rincian untuk kategori baik sekali sebanyak 2 orang atau sebesar 14,28%, kategori baik sebanyak 11 orang atau sebesar 78,57% dan kategori sedang sebanyak 1 orang atau sebesar 7,14%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peserta ekstrakurikuler bola voli putra dapat melakukan teknik bola voli dengan baik. Saran yang bisa diberikan peneliti yaitu: perlu adanya penambahan intensitas latihan sehingga peserta akan mampu meningkatkan kemampuan teknik dasar bola voli khususnya smash. Selain itu, sekolah harus memfasilitasi sarana prasarana yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: survei, teknik bola voli, ektrakurikuler bola voli
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 28 Nov 2017 18:39
Last Modified: 28 Nov 2017 18:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27891

Actions (login required)

View Item View Item