PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI INTERAKTIF 3 (TIGA) DIMENSI SEBAGAI ALAT BANTU AJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS VII MENGGUNAKAN BLENDER GAME ENGINE


Usman Channy Affandi , 5302410084 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI INTERAKTIF 3 (TIGA) DIMENSI SEBAGAI ALAT BANTU AJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS VII MENGGUNAKAN BLENDER GAME ENGINE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302410084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Alat peraga digunakan untuk membantu guru dalam menjelaskan bahasan dalam mengajar. Penggunaan alat peraga juga dilakukan pada mata pelajaran IPA, salah satunya adalah alat peraga berbentuk kerangka manusia yang disebut torso. Pemanfaatan torso dalam mata pelajaran IPA dilakukan pada materi organ dan sistem organ yang terdapat di kelas VII. Torso yang sering digunakan satu saat akan rusak. Jika torso rusak maka guru akan mengalami hambatan dalam menjelaskan, maka dari itu diperlukan pendampingan dengan memanfaatkan teknologi informatika. Pendampingan berupa pembuatan media animasi 3D sebagai alat bantu ajar mata pelajaran IPA kelas VII menggunakan Blender Game Engine. Metode pengembangan software yang digunakan adalah metode siklus kehidupan klasik atau bisa disebut juga waterfall. Prosedur penelitian yaitu analisis, desain, pengkodean dan tes. Pengkodean dilakukan pada Blender Game Engine di aplikasi Blender. Tes dilakukan beberapa tahap, tes blackbox, tes validasi media dan respons siswa. Validasi media dilakukan oleh guru dan dosen karena dianggap ahli dibidangnya. Serangkaian uji telah dilakukan, mulai dari blackbox yang menyatakan fungsionalitas perangkat berjalan dengan baik, kemudian dilanjutkan ke validasi media oleh dosen dan guru. Terdapat 2 aspek yang sama yang diberikan kepada dosen dan guru, yaitu aspek estetika dan presisi, dan aspek keterkaitan bahan ajar sebagai tambahan untuk validator guru. Hasil persentase rata-rata dari aspek presisi sebesar 89,2% dan estetika sebesar 83,3% dari kedua validator tersebut, kemudian aspek keterkaitan bahan ajar sebagai aspek tambahan untuk guru mendapatkan hasil sebesar 97,9%. Tes/uji selanjutnya adalah melakukan uji respons siswa. Terdapat 3 aspek yang terdapat dalam uji respons siswa, yaitu aspek tampilan tulang yang mendapat hasil persentase sebesar 85,5%, aspek media terlihat menarik oleh siswa sebesar 88,2% dan aspek mudah dipahami sebesar 85,5%. Melihat hasil uji yang didapat, dapat disimpulkan bahwa media yang dibuat menggunakan Blender Games Engine sudah memenuhi semua aspek penilaian dan layak digunakan untuk membantu guru menyampaikan materi tentang gerak kepada siswa SMP kelas VII di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Mata Pelajaran IPA, Development Tools, Animasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 28 Nov 2017 18:18
Last Modified: 28 Nov 2017 18:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27890

Actions (login required)

View Item View Item