IDENTIFIKASI KOMPETENSI LULUSAN PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG UNTUK BEKERJA DI PERUSAHAAN PENGEMBANG PERANGKAT LUNAK BERBASIS WEB


Muhammad Basyarul Abdillah , 5302410046 (2016) IDENTIFIKASI KOMPETENSI LULUSAN PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG UNTUK BEKERJA DI PERUSAHAAN PENGEMBANG PERANGKAT LUNAK BERBASIS WEB. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302410046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 dinilai memberikan dampak buruk bagi lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNNES karena mata pelajaran TIK dihapuskan. Wacana calon guru PNS wajib mengikuti program SM-3T menambah permasalahan untuk lulusan karena persyaratan minimal akreditasi program studi adalah B, sedangkan akreditasi Program Studi Teknik Informatika dan Komputer UNNES adalah C. Krisis lulusan yang tidak bekerja pada disiplin ilmu menjadi bagian dari permasalahan. UNNES sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi dengan empat profil lulusan dapat memberikan kontribusi sumber daya manusia pada industri perangkat lunak yang telah dibekali profil lulusan tenaga profesional. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kompetensi yang diperlukan untuk bekerja pada bidang web applications, mengetahui kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer yang berlaku memenuhi syarat kompetensi untuk bekerja pada bidang web applications, dan mengetahui keselarasan identifikasi kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer yang sesuai kurikulum pendidikan dengan perusahaan pengembang perangkat lunak untuk bekerja pada bidang web applications. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, snowball sampling,dengan teknik pengumpulan data yang dibagi menjadi empat yakni observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penetian menunjukan bahwa terdapat posisi pekerjaan dalam perusahaan perangkat lunak berbasis web yang bisa diisi dan tidak bisa diisi oleh lulusan lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Semarang sesuai kurikulum pendidikan yang berlaku. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa pengidentifikasian kompetensi lulusan dan posisi pekerjaan sangat penting dilakukan agar lembaga pendidikan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan perangkat lunak sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan dan secara tidak langsung membantu pengembangan industri teknologi negara. Saran untuk penelitian ini adalah penambahan mata kuliah membahas tentang posisi pekerjaan yang tidak dapat diisi lulusan dan perlu adanya pemintaan agar mahasiswa lebih fokus pada suatu bidang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: identifikasi kompetensi, lulusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Semarang, Perusahaan Pengembang Perangkat Lunak Berbasis Web, penelitian kualitatif, snowball sampling.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 28 Nov 2017 18:51
Last Modified: 28 Nov 2017 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27888

Actions (login required)

View Item View Item