TRAINER TELEVISI LED SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TROUBLESHOOTING TELEVISI LED DI SMK WISUDHA KARYA KUDUS


Gita Surya Yuningtyastuti , 5301412077 (2016) TRAINER TELEVISI LED SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TROUBLESHOOTING TELEVISI LED DI SMK WISUDHA KARYA KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301412077.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada mata pelajaran Memperbaiki Sistem Penerima televisi LED merupakan perpaduan antara penjelasan teori dan kegiatan praktik. Sebelum siswa melaksanakan kegiatan praktik, teori tentang troubleshooting televisi LED harus sudah dikuasai. Belum adanya media pembelajaran berupa trainer membuat siswa mengalami kesulitan ketika melaksanakan praktik dan tidak jarang menimbulkan kerusakan yang lebih besar. Tujuan penelitian adalah membuat media pembelajaran berupa Trainer dan modul pembelajaran, mengetahui kevalidan, menguji kelayakan, dan keefektifan trainer dan modul pembelajaran troubleshooting televisi LED. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D), merupakan salah satu metode yang digunakan untuk penelitian dan pengembangan suatu sistem. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Uji validasi ahli ditujukan kepada dua dosen dan satu guru SMK Wisudha Karya Kudus. Uji kelayakan ditujukan kepada 3 orang guru dan 37 siswa Teknik Audio Video di SMK Wisudha Karya Kudus. Penilaian uji validasi dan kelayakan dilakukan dengan memberikan angket berupa pernyataan beberapa aspek kelayakan kepada setiap responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trainer yang dikembangkan memiliki troubleshooting yang sudah sesuai dengan kebutuhan praktikum Perbaikan Televisi LED. Penilaian uji validasi menyatakan bahwa trainer dan modul valid digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa trainer dan modul layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran. Sementara hasil uji efektivitas menunjukkan setelah menggunakan media pembelajaran trainer hasilnya lebih baik dengan skor rata-rata 81,40 dibandingkan dengan sebelum menggunakan media trainer yang hanya 61,78.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Trainer, Troubleshooting Televisi LED
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 28 Nov 2017 18:14
Last Modified: 28 Nov 2017 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27886

Actions (login required)

View Item View Item