MUTU PELAYANAN DI RAWAT INAP PUSKESMAS TARUB KABUPATEN TEGAL KEPADA PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TAHUN 2015


Arin Luhur Prastika, 6411411173 (2016) MUTU PELAYANAN DI RAWAT INAP PUSKESMAS TARUB KABUPATEN TEGAL KEPADA PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411173.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan salah satu kebutuhan dasar yang diperlukan setiap orang. Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) mengamanatkan bahwa jaminan sosial wajib bagi seluruh penduduk. Dalam menjalankan program tersebut, BPJS Kesehatan bekerjasama dengan berbagai fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, Posyandu, dan Rumah Sakit untuk membuka pintu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu pelayanan di rawat inap Puskesmas Tarub Kabupaten Tegal kepada pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah Informan utama adalah 10 pasien dan informan triangulasi 5. Hasil penelitian menunjukkan, aspek kompetensi teknis, akses, efektivitas, efisiensi, kesinambungan, keamanan, kenyamanan, informasi dan hubungan antarmanusia pelayanan yang diberikan sudah bermutu, sedangkan dari aspek ketepatan waktu menunjukkan belum bermutu. Simpulan dari penelitian ini bahwa mutu pelayanan di rawat inap Puskesmas Tarub kepada pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional sudah bermutu. Quality health services is one of basic need necessary everyone. National social security system, dictates that social security compulsory for the entire population. To implement the program, BPJS Kesehatan cooperated with many health facilities such as Health Centers, Integrated Health Center, and Hospitals to open it for the public health services. The purpose of this research was to know the quality of service in inpatient Tarub Health Center, district Tegal to the patient participants National Health Insurance. This research was adopted qualitative approaches to technique observation, indepth interviews, and documentation. Informants chosen used a purposive sampling technique. The primary of informants were 10 patients and informants triangulation 5. The results showed, the aspects of technical competence, access, the effectiveness, efficiency, sustainability, security, comfort, information and relationships services were provided have quality, while the aspect of timeliness of show not quality. Conclusion from this research was the quality of service in inpatient Tarub Health Center to the patient participants National Health Insurance qualified.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: National Health Insurance, Quality of Care, Tarub Health Center, JKN, Mutu Pelayanan, Puskesmas Tarub
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2017 17:04
Last Modified: 28 Nov 2017 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27882

Actions (login required)

View Item View Item