PENGARUH LATIHAN MEMUKUL BOLA FUNGO HIT FLY BALL DAN SOFT TOSS BALL TERHADAP HASIL PUKULAN FLY BALL PADA UKM SOFTBALL PUTRA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2016


Anton Artha Wijaya , 6301412021 (2016) PENGARUH LATIHAN MEMUKUL BOLA FUNGO HIT FLY BALL DAN SOFT TOSS BALL TERHADAP HASIL PUKULAN FLY BALL PADA UKM SOFTBALL PUTRA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301412021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh latihan memukul bola dengan fungo hit fly ball terhadap hasil pukulan pada Unit Kegiatan Mahasiswa softball putra Universitas Negeri Semarang tahun 2016 ?. 2) Apakah ada pengaruh latihan memukul bola dengan soft toss ball terhadap hasil pukulan pada Unit Kegiatan Mahasiswa softball putra Universitas Negeri Semarang tahun 2016 ?. 3) Manakah yang lebih efektif antara latihan memukul bola fungo hit fly ball dan latihan soft toss ball terhadap hasil pukulan pada Unit Kegiatan Mahasiswa softball putra Universitas Negeri Semarang tahun 2016 ?. Populasi penelitian ini adalah pemain softball UKM baseball Unnes yang berjumlah 30 pemain. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling dengan rancangan pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan Tes Pukulan Fungo Hit Fly Ball dan Soft Toss Ball. Metode analisis data menggunakan uji perbedaan dengan paired sample-t-test dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung -2,618 dengan p= 0,020 dimana p<0,05, berarti ada perbedaan hasil pukulan sebelum dan sesudah diberi latihan dengan fungo hit fly ball. Nilai t hitung -5,600 dengan p=0,000 berarti ada pengaruh hasil pukulan sebelum dan sesudah diberi latihan soft toss ball. Latihan pukulan dengan soft toss ball lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil pukulan dengan peningkatan 12,07%. Simpulan penelitian ini adalah (1) ada pengaruh hasil pukulan sesudah diberi latihan dengan fungo hit fly ball, (2) ada pengaruh hasil pukulan sesudah diberi latihan soft toss ball, (3) latihan pukulan dengan soft toss ball lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil pukulan pemain softball putra UKM Unnes. Saran: (1) Bagi pelatih UKM softball Unnes, hendaknya dapat menggunakan metode latihan pukulan dengan soft toss ball agar mampu meningkatkan kemampuan hasil pukulan pemainnya. (2) Perlu diadakan penelitian lanjutan dengan menambahkan variabel lain seperti lebih spesifik pada cara memukul atau posisi pemukul. (3) Bagi pemain softball dalam berlatih pukulan hendaknya dapat menggunakan metode soft toss ball dan pemain perlu berlatih secara kontinu sesuai target latihan yang sudah ditentukan dan peningkatan latihan dilakukan secara bertahap agar peningkatan hasil pukulan dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Pukulan, Fungo Hit Fly Ball, Soft Toss Ball
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 28 Nov 2017 16:59
Last Modified: 28 Nov 2017 16:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27880

Actions (login required)

View Item View Item