Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi melalui Teknik Latihan Terbimbing dengan Media Film Kartun Bernard Bear pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ciledug Lor Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2010/2011
Nining Winingsih , 2101407185 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi melalui Teknik Latihan Terbimbing dengan Media Film Kartun Bernard Bear pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ciledug Lor Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi melalui Teknik Latihan Terbimbing dengan Media Film Kartun Bernard Bear pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ciledug Lor Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2010/2011)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas V SD Negeri 1 Ciledug Lor Kabupaten Cirebon masih kurang. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah teknik dan media yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran kurang menarik dan kurang bervariasi. Pemilihan teknik, media, ataupun metode belajar yang tepat diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan teknik latihan terbimbing dan media film kartun Bernard Bear sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas V SD Negeri 1 Ciledug Lor dalam menulis paragraf narasi dengan menggunakan teknik latihan terbimbing menggunakan media film kartun Bernard Bear. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas V SD Negeri 1 Ciledug Lor dalam menulis paragraf narasi dengan teknik latihan terbimbing menggunakan media film kartun. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas V SD Negeri 1 Ciledug Lor. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu keterampilan menulis paragraf narasi dan teknik latihan terbimbing dengan media film kartun Bernard Bear. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil keterampilan menulis paragraf narasi dan teknik nontes berupa observasi, catatan harian siswa dan guru, wawancara, dan dokumentasi foto. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan paragraf melalui teknik latihan terbimbing menggunakan media film kartun Bernard Bear. Nilai rata-rata kelas pada tahap prasiklus sebesar 56,28. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata siswa naik 13,02 menjadi 69,14. Selanjutnya pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 7,05 menjadi 76,19. Setelah dilakukan pembelajaran menulis paragraf narasi melalui teknik latihan terbimbing menggunakan media film kartun Bernard Bear, terjadi perubahan perilaku ke arah positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan peneliti antara lain (1) guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknnya menggunakan metode, media, dan teknik pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran menulis paragraf narasi di antarannya dengan menggunakan teknik latihan terbimbing dan media film kartun, (2) praktisi atau peneliti lain dapat melakukan penelitian serupa dengan meggunakan metode dan media pembelajaran yang berbeda sehingga diperoleh berbagai alternatif metode dan media pembelajaran keterampilan menulis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis paragraf narasi, teknik latihan terbimbing, media film kartun |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 14 Jun 2011 06:58 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2788 |
Actions (login required)
View Item |