PENGARUH LATIHAN CONE DRILLS DAN AGILITY LADDER TERHADAP KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA (Pada SSB Pioneer Kendalsari KU-14 Kabupaten Pemalang Tahun 2015)


Idwin Wapri Piyoga , 6301411225 (2015) PENGARUH LATIHAN CONE DRILLS DAN AGILITY LADDER TERHADAP KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA (Pada SSB Pioneer Kendalsari KU-14 Kabupaten Pemalang Tahun 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411225.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Menggiring bola merupakan salah satu aspek penting dalam sepakbola yang harus dikuasai. Latar belakang penelitian ini adalah siswa SSB Pioneer Kendalsari dalam menggiring bola masih kurang baik, pada saat menggiring bola, bola masih jauh dari penguasaan dan tak jarang bola lepas dari penguasaan, bahkan hilang atau direbut lawan. Dalam menggiring bola dibutuhkan adanya suatu kelincahan. Latihan untk meningkatkan kelincahan di antaranya latihan cone drills dan agility ladder. Permasalahan penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh latihan cone drills terhadap keterampilan menggiring bola pada SSB Pioneer Kendalsari? (2) apakah ada pengaruh latihan agility ladder terhadap keterampilan menggiring bola pada SSB Pioneer Kendalsari? (3) manakah yang memberikan pengaruh lebih baik antara latihan cone drills dan agility ladder terhadap keterampilan menggiring bola? Metode penelitian dengan eksperimen pola M-S atau macthing by subjek design. Populasi penelitian ini adalah siswa SSB Pioneer Kendalsari tahun 2015 sejumlah 80 orang, sampel penelitian sejumlah 20 orang dengan teknik purposive sample. Instrumen tes menggunakan tes menggiring bola dengan tingkat validitas 0,842 dan tingkat reliabilitas 0,796. Analisis data menggunakan statistik uji t dengan taraf signifikasi 5% dan db= n-1. Hasil analisis data menggunakan taraf signifikasi 5% dapat disimpulkan: (1) Ada pengaruh latihan cone drills terhadap keterampilan menggiring bola, karena thitung (3.756) < ttabel (2.262). (2) Ada pengaruh latihan agility ladder terhadap keterampilan menggiring bola, karena thitung (3.764) > ttabel (2.262). (3) Latihan cone drills berpengaruh lebih baik dibandingkan latihan agility ladder terhadap keterampilan menggiring bola dengan hasil rata-rata (24.188) > (25.264). Kesimpulan: Terdapat pengaruh latihan cone drills dan agility ladder terhadap keterampilan menggiring bola pada siswa SSB Pioneer Kendalsari. Latihan cone drills berpengaruh lebih baik dibandingkan latihan agility ladder terhadap keterampilan menggiring bola pada siswa SSB Pioneer Kendalsari. Saran: diharapkan dapat dijadikan pedoman bahan perbandingan bagi pelatih dan pembina SSB dalam menentukan latihan untuk meningkatkan keterampilan menggiring bola. Bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cone drills, agility ladder, menggiring bola
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 28 Nov 2017 15:42
Last Modified: 28 Nov 2017 15:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27867

Actions (login required)

View Item View Item