HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN FISIK RUMAH DAN KONTAK SERUMAH DENGAN PENDERITA TB DENGAN KEJADIAN TB PARU BTA POSITIF (Studi di wilayah kerja puskesmas Bandarharjo Kota Semarang tahun 2015)


Ellena Muji Pangastuti, 6411411151 (2016) HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN FISIK RUMAH DAN KONTAK SERUMAH DENGAN PENDERITA TB DENGAN KEJADIAN TB PARU BTA POSITIF (Studi di wilayah kerja puskesmas Bandarharjo Kota Semarang tahun 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411151.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyakit tuberkulosis disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Tujuan penelitian adalah mengetahui kondisi lingkungan fisik rumah dan kontak serumah dengan penderita TB dengan kejadian TB paru BTA positif di wilayah kerja Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan case control. Populasinya adalah pasien puskesmas Bandarharjo. Pemilihan sampel yaitu dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (digunakan uji chi square). Hasil dari penelitian ini, variabel yang berhubungan dengan kejadian TB paru BTA positif jenis lantai (p= 0,002), jenis dinding (p=0,001), pencahayaan (p= 0,001), kelembaban (p=0,002), dan ventilasi (p=0,011). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan adalah kepadatan hunian (p=0,069) dan kontak serumah dengan penderita TB paru (p=0,059). Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan kepada masyarakat yaitu diharapkan lebih sadar akan pencegahan penyakit TB. Saran untuk puskesmas Bandarharjo yaitu meningkatkan kerjasama dengan kader untuk menemukan penderita TB lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tuberkulosis, Lingkungan Rumah, Kontak Serumah
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2017 15:36
Last Modified: 28 Nov 2017 15:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27864

Actions (login required)

View Item View Item