HUBUNGAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN, POWER DAN PANJANG LENGAN DENGAN KETEPATAN SERVIS PANJANG (Survei pada pemain bulutangkis putra klub Tugu Muda Semarang usia 8-12 tahun 2015)


Putri Mesiyani , 6301411212 (2016) HUBUNGAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN, POWER DAN PANJANG LENGAN DENGAN KETEPATAN SERVIS PANJANG (Survei pada pemain bulutangkis putra klub Tugu Muda Semarang usia 8-12 tahun 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6301411212.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kelentukan pergelangan tangan, power lengan dan panjang lengan berperan penting untuk menghasilkan pukulan servis panjang yang tepat. Permasalahan penelitian adalah apakah ada hubungan antara kelentukan pergelangan tangan, power lengan dan panjang lengan dengan prestasi pukulan servis panjang baik dilakukan sendiri-sendiri maupun bersama-sama pada pemain putra klub Tugu Muda Semarang usia 8-12 tahun 2015? Penelitian ini menggunakan metode survei dengan desain one shot model. Pengambilan data dengan metode tes pengukuran dengan mengukur kelentukan pergelangan tangan, power lengan, panjang lengan dan pukulan servis panjang. Sampel penelitian pemain putra klub Tugu Muda Semarang usia 8-12 tahun 2015 yang berjumlah 8 orang sedangkan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian adalah pada pemain putra klub Tugu Muda Semarang usia 8-12 tahun 2015 ada hubungan yang signifikan antara kelentukan pergelangan tangan dengan hasil pukulan servis panjang sebesar 0,932, ada hubungan yang signifikan antara power lengan dengan hasil pukulan servis panjang sebesar 0,907, ada hubungan yang signifikan antara panjang lengan dengan hasil pukulan servis panjang sebesar 0,966, ada hubungan yang signifikan antara kelentukan pergelangan tangan, power lengan dan panjang lengan dengan hasil pukulan servis panjang sebesar 0,979. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada untuk meningkatkan kemampuan pukulan servis panjang maka pemain hendaknya meningkatkan power lengan dan memaksimalkan kelentukan pergelangan tangan dan panjang lengan kepada pelatih hendaknya melakukan program latihan untuk meningkatkan power lengan dan kelentukan pergelangan tangan agar pemain dapat melakukan pukulan servis panjang dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelentukan, Power, Panjang Lengan, Servis Panjang
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 28 Nov 2017 15:30
Last Modified: 28 Nov 2017 15:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27862

Actions (login required)

View Item View Item