HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN BARU TUBERKULOSIS PARU (Studi Kasus di Puskesmas Mejobo Kabupaten Kudus)


Amalia Lafenia Beauty, 6411411149 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN BARU TUBERKULOSIS PARU (Studi Kasus di Puskesmas Mejobo Kabupaten Kudus). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411411149.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepatuhan minum obat tuberkulosis pada pasien tuberkulosis dapat menjadi cara untuk memberantas tuberkulosis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara persepsi dan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pasien TB Paru di Puskesmas Mejobo Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik menggunakan metode survei dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien baru TB Paru bulan Juli-Oktober 2015 berjumlah 34 pasien. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (uji chi-square dengan α = 0,05) dan menghitung Prevalance Risk (PR). Hasil chi square menunjukkan variabel yang berhubungan dengan kepatuhan minum obat pasien TB adalah persepsi (ρ = 0,001, PR = 2,8) dan dukungan keluarga (p = 0,00, PR = 3), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi dan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pasien TB Paru. Saran yang diberikan yaitu pasien harus minum obat secara teratur dan menambah informasi tentang TB Paru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dukungan keluarga, kepatuhan minum obat, persepsi, tuberkulosis paru
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2017 15:30
Last Modified: 28 Nov 2017 15:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27861

Actions (login required)

View Item View Item